Sabtu, 10 Desember 2011

Luweng Toto

Mulut horizontal Luweng Toto
Luweng Toto terletak di Desa Wedi Utah, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini merupakan gua vertikal (Luweng) dengan kedalaman ± 2 meter, sehingga untuk mencapai dasar gua dibutuhkan alat bantu khusus berupa tali, SRT set dan alat penelusuran gua lainnya. Gua ini pun juga merupakan gua horizontal dengan tinggi dan lebar mulut gua ± 1 meter. Kondisi lorong gua kering (phreatic), tidak ada mata air maupun aliran sungai. Ornamentasi yang terdapat di dalam gua berupa stalaktit dan beberapa stalakmit dan pada dasar gua terdapat batuan yang besar (boulder) dalam jumlah cukup banyak. Luweng ini digunakan sebagai area bertengger (roosting area) kelelawar. Luweng inipun dijumpai bulu Burung Seriti yang rontok dalam jumlah sedikit.
Mulut vertikal Luweng Toto

Fungsi luweng ini bagi masyarakat sekitar dapat dikatakan tidak ada, tetapi penduduk memanfaatkan lahan sekitar gua sebagai tempat untuk bercocok tanam. Transportasi untuk mencapai lokasi gua dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua ataupun roda empat sampai jalan, selanjutnya berjalan kaki. Jarak gua  dengan jalan ± 250 meter, jalan yang dilalui berupa jalan setapak.

Tidak ada komentar: